6 Hal yang Harus Dilakukan Saat ke Acara Networking

Diperbarui 21 Agu 2022 - Dibaca 10 mnt

Isi Artikel

    Menghadiri acara networking menjadi salah satu cara yang paing efektif untuk meningkatkan lingkaran profesionalmu karena di sana kamu bisa bertemu banyak orang dari berbagai perusahaan.

    Membangun network merupakan salah satu cara kamu mengembangkan diri dalam karier. 7 dari 10 orang setuju bahwa networking dapat membantu kamu mengembangkan karier.

    Melewatkan kesempatan untuk datang ke acara networking sama saja kamu melewatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada banyak orang yang berkemungkinan tertarik untuk melibatkanmu di proyek mereka yang akan datang.

    Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan saat datang ke acara networking.

    Baca Juga: 7 Manfaat Networking dalam Dunia Kerja yang Dapat Membantu Karier

    1. Membawa kartu nama

    acara networking

    Sumber: CSS Author

    Walaupun terlihat hal yang terlalu umum, banyak dari peserta acara lupa membawa atau kehabisan kartu namanya.

    Tidak ada salahnya menyediakan kartu nama lebih saat kamu datang ke acara networking karena peran kartu nama sendiri sangat penting.

    Selain untuk memberikan kontak email dan nomor handphone kamu, kartu nama juga menjadi salah satu reminder untuk orang lain tentang eksistensi kamu.

    Kamu dapat mencoba menyediakan card holder sebelum datang ke acara untuk menghindari rusaknya kartu nama yang kamu simpan dalam dompet atau tas kamu.

    Kamu juga dapat bertukar kartu nama untuk mendapatkan kontak dari orang yang kamu temui dengan mencoba memberikan kartu nama kamu terlebih dahulu.

    2. Berpakaian rapi

    Sumber: Mr Porter

    Kesan pertama tentunya akan memberikan banyak pengaruh saat kamu datang ke acara networking. Untuk itu berpakaian rapi saat datang dapat memberikan kamu first impression yang lebih baik.

    Jika kamu bekerja di startup tentu saja kamu sudah terbiasa menggunakan pakaian kasual untuk bekerja seperti sepatu sandal, kaos, hingga ripped jeans.

    Namun, saat menghadiri acara, kamu harus tetap menggunakan pakaian yang rapih dan lebih sopan.

    Karena dalam acara networking tersebut tentunya akan dihadiri oleh banyak orang dari berbagai perusahaan. Bayangkan jika kamu tidak berpakaian rapih, mungkin beberapa orang dari perusahaan lain bisa saja berpikir bahwa kamu tidak sopan.

    3. Menentukan goal setalah acara 

    acara networking

    Sumber: Teach – TrueSport

    Jika kamu sudah pernah menghadiri acara networking sebelumnya, kamu pasti sudah paham apa yang harus kamu lakukan saat acara berlangsung.

    Selain meningkatkan networking, kamu dapat melakukan beberapa hal lain di acara tersebut yang dapat membantu mengembangkan kariermu. Untuk itu peting adanya jika kamu menentukan goal kamu setelah selesai mengikuti acara tersebut. 

    Kamu dapat menentukan goal tersebut melalui apa yang ingin kamu dapatkan untuk diri kamu sendiri. Misalnya, untuk mempelajari apa yang dilakukan orang lain di acara tersebut untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja.

    Atau goal untuk perusahaan tempat kamu bekerja. Seperti menemukan potential clients, menjalin kerja sama, atau mencari funding tambahan untuk perusahaan tempat kamu bekerja. 

    Baca Juga: 7 Alasan Kamu perlu Kerja di Startup Minimal Sekali Seumur Hidup

    4. Budayakan mendengarkan terlebih dahulu

    Sumber: Career Builder

    Tanpa sadar, banyak di antara kita pasti masih sering memotong pembicaraan orang lain. Selain sangat tidak sopan, memotong pembicaraan orang dapat menimbulkan miskomunikasi.

    Jika hal itu terjadi, tentunya kamu bisa saja gagal dalam mengembangkan networking kamu saat datang di acara networking. Untuk itu kamu tetap harus membudayakan diri untuk mendengarkan terlebih dahulu sebelum mulai berbicara.

    Yang dimaksud mendengarkan di sini adalah membiarkan orang lain memperkenalkan diri mereka terlebih dahulu. Hal ini memang kurang diperhatikan oleh sebagian orang, namun tanpa kamu sadari saat di acara networking hanya 50% informasi yang kamu sampaikan akan diserap oleh orang lain.

    Maka itu kamu hanya perlu berbicara saat diperlukan atau diberikan kesempatan. Dengan hal ini, orang akan lebih mengingat informasi yang kamu sampaikan karena mereka memberikan perhatian mereka saat kamu berbicara.

    Tentunya kamu perlu membudayakan mendengarkan terlebih dahulu sebelum berbicara bukan hanya saat datang ke acara networking, tetapi setiap saat.

    5. Menunjukan ketertarikan

    acara networking

    Sumber: India.com

    Jika kamu dapat membiasakan diri untuk berbudaya mendengarkan orang lain terlebih dahulu, proses interaksi kamu dengan orang lain pasti dapat berjalan dengan lancar.

    Selain dapat menyampaikan informasi yang kamu ingin sampaikan, kamu juga perlu menunjukan keteratikan dengan lawan bicara kamu di acara networking. Menunjukan keteratikan saat berinteraksi merupakan hal penting yang kurang kamu sadari.

    Bayangkan jika lawan bicara kamu hanya memberikan respon yang tidak dapat kamu jawab lagi seperti “ya” atau “tidak”. Tentunya kamu akan berpikir untuk mencari lawan bicara lain.

    Jika kamu tidak menunjukan ketertarikan saat berinteraksi, tentunya banyak lawan bicara kamu yang pastinya akan segera mencari lawan bicara baru. Hal itu dapat saja membuat kamu tidak dapat mencapai goal yang sudah kamu tetapkan sebelum datang ke acara networking.

    6. Follow up

    acara networking

    Hal ini jarang dilakukan beberapa peserta acara networking setelah beberapa hari dari acara networking berakhir. Sebenarnya mengembangkan networking sendiri baru bermula ketika kamu melakukan follow up dengan peserta lain.

    Karena tidak dapat dipungkiri mungkin beberapa dari mereka tidak ingat semua lawan bicara mereka saat acara networking. Maka itu melakukan follow up merupakan hal yang sangat penting.

    Kamu dapat mencoba melakukan follow up dengan menambahkan orang tersebut ke dalam koneksi kamu di Linkedin dan mengirimkan pesan. Atau menghubungi orang tersebut melalui email yang dicantumkan di kartu namanya.

    Hal tersebut dapat membuat networking yang kamu jalin saat acara berlangsung berpotensi menjadi relasi di jangka panjang nanti. Saat melakukan follow up jangan lupa perkenalkan diri kamu sebelumnya, karena bisa saja orang yang kamu ingat saat acara networking tidak mengingat kamu.

    Kamu juga perlu mencantumkan informasi lain seperti mendapatkan kontak orang tersebut dari acara networking agar orang yang kamu kirimkan pesan tidak bingung.

    Baca Juga: 7 Hal seputar Social Networking untuk Mengembangkan Kariermu

    Dengan mengikuti acara networking, selain itu kamu dapat memperoleh banyak hal yang belum tentu kamu dapatkan di luar.

    Misalnya, sharing dari leader perusahaan terkemuka, hingga kesempatan kerja sama. Untuk itu jika kamu diundang ke acara-acara untuk meningkatkan jaringanpastikan diri kamu hadir.

    Selain dari memberikan tips-tips untuk mengembangkan kariermu, Glints dapat membantu kamu untuk menemukan kesempatan bekerja yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

    Sign up di Glints sekarang dan temukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kamu.

      Seberapa bermanfaat artikel ini?

      Klik salah satu bintang untuk menilai.

      Nilai rata-rata 4 / 5. Jumlah vote: 1

      Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

      We are sorry that this post was not useful for you!

      Let us improve this post!

      Tell us how we can improve this post?


      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Artikel Terkait