Yuk Kerja Efektif dan Efisien! Simak 8 Tips Untuk Memaksimalkan Kerjamu

Diperbarui 05 Jun 2022 - Dibaca 7 mnt

Isi Artikel

    Efektif dan efisien adalah kedua hal yang biasanya menjadi parameter dalam pekerjaan yang kita lakukan. Tapi, apakah saat ini kamu  sedang merasa pekerjaanmu tidak ada habisnya? atau apakah kamu sering mengeluh tidak punya waktu kosong di sela-sela pekerjaanmu? Mungkin produktivitas kerjamu sedang mandeg.

    Produktivitas, inovasi, serta efisiensi adalah kunci utama untuk berkembang dalam profesi kita. Kebanyakan dari kita menganggap produktivitas adalah sekadar mencoret setiap to-do list yang kita buat. Namun produktivitas sebenarnya adalah tentang melakukan hal-hal yang penting.

    Jika kamu masih bingung bagaimana caranya bekerja lebih efektif dan efisien untuk mencapai produktivitas yang diinginkan, berikut saya sajikan tips-tips yang bisa kamu aplikasikan.

    Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Stres di Kantor dan lebih Produktif Bekerja

    Delegasikan Tugas

    delegasikan tugas untuk kerja efektif dan efisien

    Untuk mampu menyelesaikan semua tugas di kantor secara efektif dan efisien, kamu harus bisa mendelegasikan tugas dan meminta tolong. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk meminta tolong dalam hal pekerjaan. Dua hal yang harus dimiliki untuk bisa melakukan hal tersebut adalah komunikasi dan kepercayaan. Jadilah seorang team player yang tahu kapan harus meminta bantuan dari rekan-rekan setim. Beritahu rekan kerjamu mengenai deadline dari setiap pekerjaan yang kamu delegasikan kepadanya.

    Komunikasikan Semuanya

    komunikasi untuk kerja yang efisien dan efektif

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kolaborasi adalah sesuatu yang tak dapat terhindarkan dari pekerjaan kita. Oleh karena itu, kita harus mengerti bagaimana caranya bekerja secara efektif dengan orang lain untuk bisa menyelesaikan pekerjaan bersama secara efektif dan efisien. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pekerjaan yang tidak perlu dan menghemat waktu adalah dengan mengeliminasi semua kesalahpahaman. Pastikan semua anggota tim memahami brief dari tugas masing-masing di awal pekerjaan.

    Rencanakan Esok Hari

    persiapkan hari esok untuk kerja yang lebih efisien dan efektif

    Pada malam hari buatlah daftar singkat tugas-tugas yang harus kamu selesaikan besok. Hal ini penting kamu lakukan untuk memastikan kamu bekerja dengan efektif dan efisien seharian. Kamu bisa memasukkan minimal satu tugas yang menantang dalam daftar tersebut.

    Menurut Dr. Mihaly Csiksgentmihalyi, otak kita akan merasa lebih mudah masuk dalam flow kerja yang efektif dan efisien ketika kita mengerjakan pekerjaan yang menantang secara maksimal. Situasi ini terjadi ketika tantangan yang tinggi bertemu dengan kemampuan yang cukup. Jika tugas yang dikerjakan kurang menantang, kamu akan merasa bosan. Namun sebaliknya, jika terlalu menantang, kamu akan merasa khawatir dan stres.

    Buat Prioritas

    buat prioritas untuk kerja yang lebih efisien dan efektif

    Belajarlah untuk menolak dan berkata ‘tidak’. Temukan hal yang benar-benar penting untuk kamu kerjakan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan bertanya pada diri sendiri: “Tugas apa yang benar-benar mengara pada tujuan utama saya?”, “Pekerjaan yang mana yang memberi dampak terbesar pada hidup saya?”. Setelah kamu menentukan prioritas, jangan ragu-ragu menyingkirkan tugas yang tidak penting.

    Agar kamu semakin yakin dalam menentukan prioritas kerja, gunakan teknik seperti OKR (objectives and key results). Teknik ini penting agar apa yang kamu kerjakan sehari-hari benar-benar mengarah pada tujuan besarmu, sehingga kamu bisa lebih efektif dan efisien dalam bekerja.

    Buat Jadwal Spesifik

    buat jadwal spesifik untuk kerja lebih efektif dan efisien

    Jangan  hanya sekadar membuat to-do list, buatlah jadwal dengan melihat waktu yang tersedia. Bersikaplah realistis terhadap apa yang bisa kamu lakukan dan selesaikan. Kemudian jadwalkan waktu yang spesifik untuk masing-masing tugas penting yang sudah kamu prioritaskan. Pastikan juga kamu memasukkan jadwal istirahat. Dengan mengatur dan merapikan jadwal sebelumnya, kamu bisa lebih bisa bekerja secara maksimal serta memiliki progres yang jelas. Selain itu, kamu bisa mengambil waktu istirahat dan menyegarkan pikiran karena pekerjaanmu sudah terencana dengan rapi.

    Beristirahatlah

    istirahat untuk kerja lebih efektif dan efisien

    Duduk di meja kerja dalam waktu lama bisa memberi dampak buruk pada tubuh kita. Ketika kita duduk dan tidak berpindah, enzim LPL (lipoprotein lipase) dalam tubuh akan turun. Enzim ini penting untuk menghancurkan lemak dalam pembuluh darah dan mengubahnya menjadi energi. Sehingga jika enzim ini tidak diproduksi, otomatis sel-sel pembentuk lemak akan terbentuk. Singkatnya, kurangnya gerakan tubuh akan menurunkan energi.

    Maka jangan hanya mengukur produktivitas dari banyaknya durasi duduk di meja kerja. Ukurlah berapa banyak hal yang kamu berhasil selesaikan dalam hari itu. Studi menunjukkan bahwa bekerja dalam interval 90 menit adalah pola kerja yang paling efektif dan efisien. Beristirahat secara reguler sambil berjalan-jalan sangat penting untuk menjaga tubuh dan pikiran fokus dan segar.

    Hentikan Kebiasaan Buruk

    hentikan kebiasaan butuk untuk kerja yang efektf dan efisien

    Jangan terlalu banyak memaparkan diri pada distraksi. Tidak hanya berpengaruh pada produktivitas, IQ-mu akan menurun karena banyaknya distraksi yang kamu terima saat bekerja. Oleh karena itu, buatlah batasan yang jelas dan sederhana untuk tetap membuatmu fokus.

    Salah satu distraksi yang paling sering mengganggu kita adalah ponsel. Kebiasaan untuk selalu mengecek notifikasi ponsel seringkali mengakibatkan pada menurunnya produktivitas. Kamu bisa mengantisipasi distraksi ini dengan menaruh ponsel di dalam laci meja kerja dan menyimpan kunci laci di tempat lain. Kamu juga bisa menitipkan kunci laci tersebut kepada orang lain.

    Nikmati Pekerjaanmu

    nikmati pekerjaanmu untuk kerja yang efektif dan efisien

    Cari cara agar kamu dapat menikmati pekerjaanmu. Ketika kamu merasa tertarik, tertantang, dan mahir pada pekerjaanmu, kamu akan mampu bekerja lebih produktif. Pertimbangkan apa saja tugas-tugas yang paling membuatmu semangat dan paling sering dipuji oleh orang lain. Selain itu, perhatikan juga apakah rekan-rekan kerjamu pernah meminta bantuanmu dalam mengerjakan tipe-tipe pekerjaan tertentu.

    Memang tidak semua tugas yang kamu kerjakan di kantor benar-benar menjadi passion-mu. Tapi dengan sedikit kreativitas, tugas yang membosankan pun bisa menjadi menyenangkan dan menantang. Cobalah tantang dirimu untuk selalu mengalahkan rekor atau high score pribadi dalam mengerjakan suatu tugas. Lakukan yang terbaik untuk selalu belajar hal yang baru setiap hari, dan dorong dirimu untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kamu kerjakan sebelumnya.

    Baca Juga: 7 Trik untuk Menambah Motivasi Kerja Sehari-Hari

    Itu tadi tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa bekerja dengan efektif dan efisien apapun profesi yang kamu lakukan. Kemampuan untuk bekerja secara efektif dan efisien adalah suatu keistimewaan untuk mereka yang mampu menguasai diri. Bekerja secara efektif dan efisien tidak hanya bertujuan untuk menghemat energi, waktu, dan pikiran. Lebih daripada itu, bekerja secara efektif dan efisien akan memberimu kesempatan yang besar untuk bisa terus berkembang di profesimu.

    Jangan lupa untuk sign up ke glints untuk memaksimalkan karirmu, temukan berbagai lowongan kerja  full-time, part-time, magang, hingga project-based hanya di Glints!

      Seberapa bermanfaat artikel ini?

      Klik salah satu bintang untuk menilai.

      Nilai rata-rata 4.8 / 5. Jumlah vote: 5

      Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

      We are sorry that this post was not useful for you!

      Let us improve this post!

      Tell us how we can improve this post?


      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Artikel Terkait