Baru Memulai Bisnis? Jangan Lupa Model Bisnis Kanvasmu

Diperbarui 19 Apr 2024 - Dibaca 7 mnt

Isi Artikel

    Mengembangkan suatu bisnis memang membutuhkan waktu. Tapi pernahkah kamu sadari bahwa ada pengusaha yang mampu mengembangkan bisnisnya hanya dalam waktu singkat. Nah, tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan dalam diri kita, apa sebenarnya yang bisa membuat bisnis seseorang bisa berkembang dengan sangat cepat dalam waktu singkat ? Keberhasilan ini tentunya adalah hasil dari strategis bisnis yang ada dibaliknya. Strategi ini biasa juga disebut dengan model bisnis. Dengan sebuah model bisnis yang efisien, maka bisnismu juga akan mampu berkembang dengan lebih cepat.

    Model bisnis ini mencakup segala strategi dalam bisnis yang kamu jalani termasuk juga strategi kita dalam hal bergubungan dengan supplier, distributor dan juga customer secara langsung. Model bisnis akan sangat membantu kamu dalam menemukan tujuan dari bisnis itu sendiri. Kamu juga akan mengetahui susunan target yang harus dicapai melalui model bisnis ini. Kali ini, kita akan membahas salah satu model bisnis yang paling simpel dan sudah banyak dikenal yang disebut dengan Model Bisnis Kanvas. Kamu bisa mencoba menerapkan Model Bisnis Kanvas ini dalam bisnismu. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Model Bisnis Kanvas? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

    Apa Itu Model Bisnis Kanvas?

    Model Bisnis Kanvas adalah sebuah model bisnis yang dikembangkan oleh Alexander Osterwalder, seorang ahli bisnis yang berasal dari Swiss. Model Bisnis Kanvas sendiri adalah representasi visual dari sebuah model bisnis yang sudah ada ataupun model bisnis baru. Model Bisnis Kanvas memberikan pandangan keseluruhan tentang bisnis yang berguna dalam analisis komparatif tentang dampak berbagai faktor yang berkontribusi.

    Model Bisnis Kanvas memberikan kesempatan kita untuk mengevaluasi pendekatan tradisional yang biasa diteraplan dalam model bisnis, kemudian membawa inovasi ke dalamnya. Dalam Model Bisnis Kanvas, terdapat 9 hal penting yang harus kamu ketahui. Berikut adalah penjelasannya.

    Baca Juga: Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Menulis Bisnis Plan

    9 Elemen Wajib dalam Model Bisnis Kanvas

    9 Elemen Wajib dalam Model Bisnis Kanvas

    © Clutch.co

    Dalam proses dan kegiatan internal bisnis akan terbagi dalam 9 elemen berbeda. Kesembilan elemen ini mewakili empat aspek utama bisnis yaitu pelanggan, penawaran, infrastruktur, dan kelayakan keuangan. Berikut adalah penjelasannya!

    1. Customer segments

    Elemen pertama dalam  adalah customer segments atau segmen pelanggan. Customer segments ini merupakan bagian yang sangat penting. Segmen pelanggan berfungsi untuk memastikan bahwa fitur produk diselaraskan dengan karateristik dan kebutuhan segmen. Sebelum melakukan segmentasi pelanggan, kamu harus terlebih dulu mengetahui kebutuhan pelangganmu saat ini hingga di masa depan. Kamu juga harus bisa membuat daftar pelanggan dalam hal prioritas, termasuk juga membuat daftar pelanggan potensial di masa depan.

    Terdapat 5 jenis segmen pelanggan yang bisa kamu terapkan:

    Mass market : Segmen pelanggan jenis ini akan memberikan banyak pelanggan potensial. Produk yang kamu tawarkan adalah jenis produk yang merupakan kebutuhan relevan di kalangan masyarakat umum.

    Niche market : Segmen pelanggan yang didasarkan pada kebutuhan yang sangat spesifik dan keunikan dari pelanggan itu sendiri.

    Segmented  : Mengadopsi pendekatan tersegmentasi untuk menciptakan segmentasi lebih lanjut di segmen pelanggan utama berdasarkan variasi kecil dalam demografi pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.

    Diversify : Jika kamu memilih segmen pelanggan yang satu ini maka bisnismu adalah bisnis yang menghasilkan produk atau layanan yang fleksibel dan menyesuaikan berbagai segmen dengan kebutuhan dan sifat yang berbeda.

    Multi-Sided platform / market : Melayani pelangggan yang memiliki hubungan satu sama lain.

    2. Value propositions

    Elemen penting selanjutnya adalah proposisi nilai yang merupakan kombinasi dari produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Value propositions dibagi menjadi dua kategori yaitu kuantatif yang menekankan pada harga atau efisiensi produk atau layanan dan kualitatif yang menekankan pada pengalaman dan hasil produk serta penggunaannya. Dalam membuat proposisi nilai produk kamu di dalam Model Bisnis Kanvas, yang pertama-tama kamu harus lakukan adalah menentukan masalah apa yang ingin kamu selesaikan melalui produk atau layanan yang kamu tawarkan.

    3. Channels

    Elemen ketiga yang harus ada dalam Model Bisnis Kanvas adalah channel. Channels adalah media yang digunakan untuk memberikan value propositions/proposisi nilai dari kita ke segmen pelangga. Dalam memilih channel untuk Model Bisnis Kanvas, pilihlah yang tercepat dan efisien dengan jumlah investasi sekecil mungkin.

    4. Customer relationships

    Dalam Model Bisnis Kanvas, kamu juga harus menentukan jenis hubungan apa yang akan dimiliki dengan segmen pelanggan. Menjaga hubungan pelanggan tentunya merupakan hal yang sangat penting. Tujuan utama dari membangun customer relationships adalah untuk mendapatkan pelanggan loyal yang tidak akan berpaling pada produk atau layanan lain.

    5. Revenue streams

    Revenue streams atau aliran pendapatan merupakan elemen penting lainnya dalam Model Bisnis Kanvas. Pengelolaan aliran pendapatan yang tepat tentunya akan menentukan kelanjutan finansial dari bisnis kita. Kita harus bisa menyeimbangkan antara aliran pendapatan yang kita daparkan dari pelanggan dengan pengeluarkan dari bisnis kita.

    Baca Juga: 10 Tips Memilih Nama Bisnis yang Mudah Dikenal dan Diingat

    6. Key resources

    Jangan melupakan key resources dalam Model Bisnis Kanvas milikmu. Sumber daya di sini bisa manusia, keuangan, fisik, dan intelektual. Kamu harus memahami betul setiap sumber daya yang dibutuhkan atau tidak dibutuhkan dalam bisnis yang akan kamu jalani. Jangan sampai terdapat sumber daya yang berlebihan atau bahkan kurang sehingga bisnismu tidak berjalan efisien.

    7. Key activities

    Setelah key resources, key activities juga harus ada di dalam Model Bisnis Kanvas. Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, sekarang kamu harus bisa menentukan kegiatan-kegiatan utama yang relevan dengan bisnismu. Penting sekali untuk mengevaluasi kegiatan mana yang penting dan tidak penting dan mencari tahu dampak dari penambahan dan pengurangan kegiatan tersebut.

    8. Key partnerships

    Elemen penting selanjutnya dalam Model Bisnis Kanvas adalah key partnerships. Agar bisnismu bisa berjalan efisien tentunya kamu juga harus memiliki mitra yang pas. Maka dari itu, dalam Model Bisnis Kanvas kamu harus menentukan mitra dan rencana kemitraan akan dilaksanakan.

    9. Cost structure

    Last but not least, struktur pembiayaan juga merupakan elemen yang tidak kalah penting dalam Model Bisnis Kanvas. Bisnis yang kamu jalani bisa menjadi cost driven yang artinya fokus pada meminimalkan investasi ke bisnis atau bisa juga menjadi value driven yang artinya fokus pada penyediaan nilai secara maksimal kepada pelanggan

    Baca Juga: 7 Tips untuk Menjadikan Presentasi Bisnis Menarik dan Efektif

    Pentingnya Menggunakan Model Bisnis Kanvas

    Pentingnya Menggunakan Model Bisnis Kanvas

    © Isaacjeffries.com

    Menggunakan Model Bisnis Kanvas tentunya memiliki keuntungannya sendiri. Pertama, Model Bisnis Kanvas membantu kita untuk berpikir visual sehingga lebih mudah dalam pengambilan keputusan. Kedua, Model Bisnis Kanvas membantu kamu dalam memahai 9 elemen yang saling berhubungan dan hubungannya bisa berubah-ubah untuk meningkatan efisiensi dan efektivitas. Ketiga, Model Bisnis Kanvas memiliki bentuk yang memudahkan semua dalam tim untuk mengaksesnya.

    Kurang lebih itu dia hal yang harus kamu pahami tentang Model Bisnis Kanvas. So, jika kamu ingin memulai bisnismu sekarang, mulailah menyusun Model Bisnis Kanvasmu. Model Bisnis Kanvas ini akan sangat membantu kamu dalam menentukan arah untuk menjalani bisnismu. Memiliki Model Bisnis Kanvas bisa membuat kamu semakin percaya diri dalam memulai bisnis karena kamu memang memiliki strategi yang kuat untuk memulainya.

    Masih banyak lagi informasi dan tips seputar bisnis yang bisa kamu dapatkan di Blog Glints. Kamu juga bisa mendapakan berbagai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasimu dengan cara sign up ke Glints sekarang juga. Ribuan lowongan kerja telah menunggumu!

      Seberapa bermanfaat artikel ini?

      Klik salah satu bintang untuk menilai.

      Nilai rata-rata 4 / 5. Jumlah vote: 2

      Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

      We are sorry that this post was not useful for you!

      Let us improve this post!

      Tell us how we can improve this post?


      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Artikel Terkait